PESONA UMBUL TOURISM PARK

ayu mainandasari 21 Agustus 2022 00:06:38 WIB

Desa Purorejo berada pada posisi 56 Km arah Selatan dari pusat Pemerintahan Kabupaten Lumajang. Secara geografis Desa Purorejo terletak pada posisi 7’21’-7’31’ Lintang selatan dan 110’10’-111’40’ bujur timur. Dengan luas wilayah sekiatar 921.279,4 ha Desa Purorejo memiliki banyak potensi alam. Salah satunya adalah sumber mata air Umbulsari. Sumber mata air Umbulsari ini mampu untuk mencukupi kebutuhan air seluruh penduduk Kecamatan Tempursari. Sumber mata air ini memiliki tiga fungsi utama yaitu sebagai tempat wisata, irigasi pertanian , perkebunan, dan untuk PDAM.

Sumber mata air Umbulsari ini sudah ada sejak lama dan terletak di Desa Bulurejo. Pada tahun 1972 terjadi pemekaran wilayah desa, sehingga area sumber mata air Umbulsari masuk ke dalam wilayah Desa Purorejo. Pada tahun itu, sumber mata air Umbulsari hanya digunakan untuk irigasi daerah pertanian dan perkebunan. Sumber mata air ini mampu memenuhi kebutuhan irigasi satu kecamatan. Pertanian yang ada di kecamatan Tempursari ini kebanyakan di bidang pertanian padi. Sedangkan untuk perkebunannya lebih banyak pada pisang dan kelapa hijau. Suplay air yang mencukupi dapat menghasilkan kualitas pisang dan kelapa hijau yang bagus.

Kualitas air yang jernih dengan debit air yang cukup besar serta belum tercemar ini dapat menarik perusahaan PDAM setempat untuk bekerja sama dalam mengelola sumber mata air tersebut. Pada tahun 1997, PDAM mulai mengajukan kerja sama pada pihak pemerintahan Desa Purorejo untuk dapat izin mengelola sumber mata air Umbulsari. Akhirnya sumber mata air Umbulsari ini juga dimanfaatkan sebagai air PDAM. Sumber mata air ini dapat mencukupi kebutuhan air bersih seluruh penduduk Kecamatan Tempursari.

Pada tahun 2017 sumber mata air UmbulSari mulai dilakukan pembangunan untuk keperluan pariwisata. Pembangunan wisata diera globalisasi memberikan inovasi baru dalam pembaruan nama yang awalnya Umbulsari kini menjadi Umbul Tourism Park. Pembaruan nama wisata bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan branding wisata agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Selain itu, pembaruan nama yang menggunakan bahasa yang kekinian dapat  menarik hati para pengunjung. Kini wisata sumber mata air Umbul Tourism Park dilengkapi dengan fasilitas taman untuk berfoto. Selain itu juga terdapat kolam renang khusus anak kecil sehingga anak kecil yang berenang dapat terjaga keamanannya. Umbul Tourism Park dilengkapi fasilitas bermain seperti flying fox dan foto diatas becak. Kemudian disekitar wisata Umbul Tourism Park terserdia tempat makan yang menjual berbagai makanan dan minuman sehingga pengunjung wisata tidak perlu khawatir apabila ingin membeli makanan dan minuman.

Dokumen Lampiran : Pesona Umbul Tourism Park


Komentar atas PESONA UMBUL TOURISM PARK

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Purorejo

tampilkan dalam peta lebih besar